Keutamaan Bulan Sya’ban dan Amalannya

May 9, 2012, Category: AGAMA, ISLAM, KHUTBAH, PENGAJIAN · Leave a Comment

Oleh : Ust. Mubarok Abie Fadhli, S.Ag

-  Hari ini Jum’at tanggal 8 Juli 2011 bertepatan dengan tanggal 6 Sya’ban 1432 H. Sebagai kaum muslimin dan kaum beriman maka hendaklah kita mengagungkan bulan Sya’ban ini.

-  Sehubungan Jum’at hari ini adalah minggu pertama atau Jum’at pertama di bulan Sya’ban pada tahun ini. Maka, pada kesempatan kali saya hanya ingin mengingatkan kita semua akan kemuliaan dan amalan bulan Sya’ban yang mulia. Semoga kita semua ada waktu dan kesempatan untuk mengamalkan semua atau sebagian amalan bulan Sya’ban yang mulia.

-  Materi yang saya sampaikan bersumber dari beberapa kitab yang di dalamnya berisi perihal sabda-sabda Rasulullah SAW dan riwayat lainnya tentang kemuliaan bulan Sya’ban.

Bulan Sya’ban termasuk bulan yang mulia dan bulan agung. Ada beberapa keutamaan bulan Sya’ban yaitu :

1.    Bulan Sya’ban adalah Bulannya Rasulullah SAW.

اعلم انّ شهر شعبان شهر شريف وهو منسوب الى رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم)

“Ketahuilah bahwa bulan Sya’ban yang mulia yaitu bulan yang dinisbatkan kepada Rasulullah SAW.”

“Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulannya Rasulullah SAW, dan Ramadhan adalah bulannya ummat Rasulullah SAW.”

2.  Disebut Bulan Sya’ban, berasal dari kata sya’aba/sya’bun yang berarti terkumpul /terhimpun/cabang. Sya’ban adalah terkumpulnya/terhimpunnya/ bercabangnya kebaikan-kebaikan.

هذا يَومُ غرّة شعبان الكريم سمّاه ربُّنا شَعْبَان لِتَشَعَّبَ الخيرَات فيه، قد فَتَحَ ربُّكم فيه أبوابَ جنَانِه، وعَرَضَ عليكم قُصُورَها وخَيْرَاتِها بِأَرْخَصِ الاثْمان، وأسْهَلِ الامور ،

“Ini adalah hari permulaan Sya’ban yang mulia, Tuhan kita menamainya dengan Sya’ban karena terkumpulnya/terhimpunnya kebaikan-kebaikan di dalamnya, sungguh di bulan ini Tuhanmu membuka pintu-pintu surganya, memperlihatkan/membentangkan kepadamu istana-istana dan kebaikan-kebaikannya dengan membeli harga termurah, dan urusan-urusan termudah.

Kalau bulan ini disebut sebagai bulan dimana terhimpun dan terkumpulnya kebaikan-kebaikan, maka marilah kita sama-sama sambut moment ini dengan sebaik-baiknya kita berlomba-lomba dalam kebaikan.

Q.S. Al-Baqarah ayat 148 :

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ أَيْنَمَا تَكُونُوا يَأْتِ بِكُمُ اللَّهُ جَمِيعًا إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (١٤٨)

148. dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Orang-orang yang bersegera mengerjakan kebaikan, berlomba-lomba dalam kebaikan termasuk orang yang saleh di mata Allah SWT.

Q.S. Ali Imran : 114

يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ (١١٤)

114. mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang Munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu Termasuk orang-orang yang saleh.

هذه غرّة شعبان وشَعْبُ خَيْرَاتِه الصّلاة والزّكاة والامر بالمعروف والنّهي عن المنكر وبرّ الوالدين والقرابات والجيران واصلاح ذات البين والصّدقة على الفقراء والمساكين،

Ini adalah permulaan Sya’ban dan himpunan kebaikannya : shalat, zakat, amar ma’ruf dan nahi munkar, berbuat baik kepada orang tua dan kerabat, tetangga, mendamaikan dua orang, bershodaqah kepada fakir miskin.

B. Amalan Bulan Sya’ban

1. Berpuasa Sunnah

وكان (صلى الله عليه وآله وسلم) يقول : شعبان شهري من صامَ يوماً من شهري وجبت له الجنّة

“Rasulullah SAW bersabda,”Sya’ban adalah bulanku siapa yang berpuasa 1 hari saja di bulanku wajiblah ia masuk surga.”

وكان النّبي (صلى الله عليه وآله وسلم) يقول : شعبان شهري، فصوموا هذا الشّهر حُبّاً لنبيّكم وتقرّباً الى ربّكم

“Rasulullah SAW bersabda,”Sya’ban adalah bulanku, maka berpuasalah di bulan ini, sebagai tanda cinta kepada nabimu dan sebagai pendekatan diri kepada tuhanmu.”

2. Memperbanyak Membaca Istighfar

الاوّل : أن يقول في كلّ يوم سبعين مرّة: اَسْتَغْفِر اللهَ وَاَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ .

“Hendaklah kita sering membaca istighfar minimal sebanyak 70 kali,”aku memohon ampun kepada Allah SWT dan meminta taubat kepada-Nya.”

3. Memperbanyak Shodaqah

أن يتصدّق في هذا الشّهر ولو بنصف تمرة لِيُحَرِّمَ اللهُ تعالى جسدَه على النّار،

“Hendaklah bershodaqah di bulan ini meski dengan setengah kurma, niscaya Allah haramkan jasadnya masuk neraka.”

فقال له  الراوي : ياابن رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم) ما ثوابُ مَنْ صام يوماً من شعبان ؟ فقال : الجنّة والله ، فقال الراوي : ما أفضلُ ما يفعلُ فيه ، قال: الصّدقة والاستغفار، ومنْ تصدّقَ بصدقةٍ في شعبان ربَاها الله تعالى كمَا يَرْبىَ أحدَكم فصيلَه حتّى يُوَافِى يومَ القيامَة وقدْ صَارَ مثْلَ أُحُدٍ .

“Salah seorang ahli bait Rasulullah SAW ditanya,”wahai putra Rasulullah SAW, apa pahala berpuasa 1 hari di bulan Sya’ban, beliau menjawab,”demi Allah, balasannya surga. Kemudian perawi hadis bertanya,”amalan apa yang paling utama dikerjakan di bulan Sya’ban ini ? beliau menjawab,”bershodaqah dan istighfar (mohon ampun). “siapa yang bershodaqah dengan suatu shodaqah di bulan Sya’ban, niscaya Allah memberikan tambahan/keuntungan seperti Dia memberikan keuntungan dengan anak unta kepada salah seorang kamu, sehingga Dia memberikan dengan penuh pada hari kiamat, dan sungguh keuntungan (anak unta) itu sudah menjadi sebesar gunung uhud.

4. Memperbanyak Shalawat kepada Nabi SAW

الاكثار في هذا الشّهر من الصّلاة على محمّد وآله .

Akhirnya marilah kita sama-sama berdo’a :

” اللهم بارك لنا في رجب وشعبان، وبلغنا شهر رمضان، وأعنا على الصيام والقيام، وحفظ اللسان، وغض البصر، ولا تجعل حظنا منه الجوع والعطش”.

“Yaa Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan, dan bantulah kami untuk berpuasa dan mendirikan shalat, menjaga lisan, memelihara pandangan, dan janganlah engkau jadikan keberuntungan kami dengan kelaparan dan kehausan.”

 

Keyword ke mubarokonline.com:

khutbah jumat bulan syaban (151),khutbah jumat keutamaan bulan syaban (48),khutbah jumat bulan sya\ban (24),khutbah jumat tentang keutamaan bulan syaban (22),materi khutbah jumat bulan syaban (21),khutbah jumat tentang bulan syaban (21),kumpulan khutbah jumat bulan syaban (15),kumpulan khutbah jumat bulan sya\ban (11),materi khutbah jumat tentang bulan syaban (11),khutbah jumat bulan ruwah (11)

Related posts:

  1. Menyambut Ramadhan dengan Jiwa yang Suci
  2. Tiga Keutamaan Ibu
  3. Larangan Berburuk Sangka, Mencari Kesalahan, dan Menggunjing Orang Lain
  4. Tiga Tipe Orang Beribadah Kepada Allah SWT
  5. Bagaimana Islam Memandang Aksi Kekerasan dan Bom Bunuh Diri

Related Posts

  • Mengenal As-Shuffah: Semangat Belajar dan Kesederhanaan Ahli Shuffah (Bag 3)
  • REPUBLIKA.CO.ID,  Dr Akram Dhiya Al-Umuri dalam Shahih Sirah Nabawiyah,  mengisahkan, para ahli Shuffah mencurahkan perhatiannya untuk mencari ilmu. ‘’Mereka beritikaf di Masjid Nabawi untuk beribadah dan...

  • wpid-qunutas200200.jpgHukum Do’a Qunut Witir
  • Penyebab Ilmu Jadi Bumerang Jahat Bagi Pencarinya

     Di pagi ini, kami mendapatkan pelajaran menarik dari Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdilllah bin Baz rahimahullah. Beliau memberikan faedah menarik bahwa orang yang berilmu bukanlah hanya...

  • Pelajaran Mulia Dari Nabi Ibrahim Dengan Imbalan Kamar Surga
  • Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan ora sahabatnya serta orang-orang yang meneladani mereka dengan baik hingga...

  • Kerja di Arab Saudi, Insinyur Italia Memeluk Islam
  • REPUBLIKA.CO.ID, Seorang warga negara Italia yang tengah bekerja di arab Saudi memutuskan masuk Islam setelah sekitar sejam berkomunikasi dengan pelajar Muslim terkait kerja sama bisnis lokal. Demikian...