Khasiat Sehat Beras Kencur

April 16, 2011, Category: KESEHATAN · Leave a Comment

 Jamu ini berkhasiat sebagai minuman penambah energi, penghilang pegal dan nyeri, penambah nafsu makan, juga mengatasi gangguan pencernaan.

Selain beras dan kencur, minuman ini biasanya juga dicampur sejumlah rempah lain untuk menambah rasa dan manfaat. Jenis rempah yang biasa ditambahkan antara lain jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren.

Melihat manfaatnya, beras kencur dan aneka menu jamu gendong lainnya mulai dilirik pengusaha kuliner menjadi komoditi potensial. Tengok saja ‘Pasar Senggol’ di Java Restaurant, InterContinental Jakarta Midplaza. Sebuah booth jamu gendong hadir di hotel mewah tersebut.

Ayleen Tjandra, Assistance Public Relation Manager InterContinental Jakarta Midplaza, mengatakan, sajian jamu gendong sengaja ditonjolkan demi mengangkat citranya ke kancah internasional. Harapannya, popularitas jamu gendong bisa sejajar dengan berbagai minuman kalangan menengah atas.

Dari jaman nenek moyang, minuman beras kencur sudah populer dijadikan minuman kesehatan. Selain menyegarkan badan, banyak khasiat yang bisa diperoleh saat mengkonsumsi jamu ramuan ini.

khasiat  beras kecur:

- Melancarkan peredaran darah

- Menyegarkan badan

-Menjaga kondisi badan agar tetap fit

- Mengurangi pegal-pegal

- Melancarkan pembuangan darah kotor pada saat haid, sekaligus meredakan nyeri

- Membakar lemak, (bagi yang ingin menstabilkan bobot badan, sangat bagus meminum ramuan ini)

- Memberikan kehangatan pada badan ketika dingin

- Meredakan sakit tenggorokan

- Meredakan flu, dsb

Jika biasanya jamu beras kencur hanya didapatkan dalam kemasan instant yang dijual pada pasar swalayan atau dijual oleh mbak jamu gendong, kini Anda pun bisa membuatnya sendiri, tanpa harus repot, sebab praktis dan tidak banyak mengeluarkan biaya.

Cara membuat jamu beras kencur:

Bahan:

- 100g beras (beras kualitas bagus lalu sangrai, tumbuk tambahkan air, saring dan ambil sarinya)

- 2 Ruas kencur (parut)

- Gula merah secukupnya

- Cabe Jamu (cabe lempuyang)

- 1 liter Air

Cara membuatnya :

Haluskan beras yang sudah sangrai, tambahkan air, saring dan ambil sarinya, sisihkanCampurkan air parutan, saring dan sisihkanDidihkan air beserta gula merah (manisnya menurut selera Anda), setelah itu campurakan sari beras dan air kencur ke dalam panci yang berisi rebusan gula merah. Diamkan sampai mendidih dan dinginkan. (untuk 1 botol)

Jamu ini enak disajikan pada saat hangat atau pun dingin, jadi Anda bisa menikmatinya kapan saja. Hanya saja untuk flu dan meredakan sakit tenggorokan baik disajikan hangat. (fn/vs/kn) www.suaramedia.com

View the original article here

Keyword ke mubarokonline.com:

manfaat beras kencur (483),khasiat beras kencur (80),artikel cara membuat jamu beras kencur (12),beras kencur manfaat (11)

No related posts.

Related Posts

  • wpid-2046037p.jpgSuplemen Antijantung Koroner Ditemukan
  • Food Supplement 2010 hasil kombinasi sari buah merah dengan minyak coklat yang dapat mengatasi jantung koroner, arteri jantung dan kolesterol.

    KUPANG, KOMPAS.com —...

  • wpid-0922436620X310.jpgPeneliti Susu Berbakteri Membanggakan
  • Shutter Stock Ilustrasi: Sebelumnya, hasil penelitian Institur Pertanian Bogor (IPB) menemukan banyak susu formula anak-anak dan makanan bayi yang mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii.

    JAKARTA,...

  • wpid-1420241p.jpgIklan Masif, Rokok Dianggap Lumrah
  • Duta Masyarakat Sehat Tanpa Rokok, Zukhriatul Hafizah aktif berkampanye memberikan penyadaran bahaya rokok kepada generasi muda, salah satunya ke siswa SMA.

    JAKARTA, KOMPAS.com...

  • Perkembangan Otak Berbeda, Kemampuan Visual Anak Autis Luar Biasa
  •    Orang dengan autisme ternyata mengembangkan bagian otak yang berbeda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan visual penyandang autis berkembang sangat baik....

  • YLKI: Ibarat Main Voli dan Bola Pingpong
  • JAKARTA, KOMPAS.com — Peneliti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Indah Sukmaningsih, menilai keributan terkait susu bubuk formula yang pernah diteliti dan mengandung Enterobacter sakazakii bagaikan bermain...