Khasiat Sehat Beras Kencur

April 16, 2011, Category: KESEHATAN · Leave a Comment

 Jamu ini berkhasiat sebagai minuman penambah energi, penghilang pegal dan nyeri, penambah nafsu makan, juga mengatasi gangguan pencernaan.

Selain beras dan kencur, minuman ini biasanya juga dicampur sejumlah rempah lain untuk menambah rasa dan manfaat. Jenis rempah yang biasa ditambahkan antara lain jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren.

Melihat manfaatnya, beras kencur dan aneka menu jamu gendong lainnya mulai dilirik pengusaha kuliner menjadi komoditi potensial. Tengok saja ‘Pasar Senggol’ di Java Restaurant, InterContinental Jakarta Midplaza. Sebuah booth jamu gendong hadir di hotel mewah tersebut.

Ayleen Tjandra, Assistance Public Relation Manager InterContinental Jakarta Midplaza, mengatakan, sajian jamu gendong sengaja ditonjolkan demi mengangkat citranya ke kancah internasional. Harapannya, popularitas jamu gendong bisa sejajar dengan berbagai minuman kalangan menengah atas.

Dari jaman nenek moyang, minuman beras kencur sudah populer dijadikan minuman kesehatan. Selain menyegarkan badan, banyak khasiat yang bisa diperoleh saat mengkonsumsi jamu ramuan ini.

khasiat  beras kecur:

- Melancarkan peredaran darah

- Menyegarkan badan

-Menjaga kondisi badan agar tetap fit

- Mengurangi pegal-pegal

- Melancarkan pembuangan darah kotor pada saat haid, sekaligus meredakan nyeri

- Membakar lemak, (bagi yang ingin menstabilkan bobot badan, sangat bagus meminum ramuan ini)

- Memberikan kehangatan pada badan ketika dingin

- Meredakan sakit tenggorokan

- Meredakan flu, dsb

Jika biasanya jamu beras kencur hanya didapatkan dalam kemasan instant yang dijual pada pasar swalayan atau dijual oleh mbak jamu gendong, kini Anda pun bisa membuatnya sendiri, tanpa harus repot, sebab praktis dan tidak banyak mengeluarkan biaya.

Cara membuat jamu beras kencur:

Bahan:

- 100g beras (beras kualitas bagus lalu sangrai, tumbuk tambahkan air, saring dan ambil sarinya)

- 2 Ruas kencur (parut)

- Gula merah secukupnya

- Cabe Jamu (cabe lempuyang)

- 1 liter Air

Cara membuatnya :

Haluskan beras yang sudah sangrai, tambahkan air, saring dan ambil sarinya, sisihkanCampurkan air parutan, saring dan sisihkanDidihkan air beserta gula merah (manisnya menurut selera Anda), setelah itu campurakan sari beras dan air kencur ke dalam panci yang berisi rebusan gula merah. Diamkan sampai mendidih dan dinginkan. (untuk 1 botol)

Jamu ini enak disajikan pada saat hangat atau pun dingin, jadi Anda bisa menikmatinya kapan saja. Hanya saja untuk flu dan meredakan sakit tenggorokan baik disajikan hangat. (fn/vs/kn) www.suaramedia.com

View the original article here

Keyword ke mubarokonline.com:

manfaat beras kencur (483),khasiat beras kencur (80),artikel cara membuat jamu beras kencur (12),beras kencur manfaat (11)

No related posts.

Related Posts

  • wpid-1111223620X310.jpgSetiap Hari Tubuh Manusia Tercemar Toksin
  • TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI ILustrasi: Warga mengikuti kegiatan buka puasa bersama di Masjid Gede Kauman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Senin...

  • wpid-logowartakota.gif6 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Cepat
  • Glori K. Wadrianto | Minggu, 10 Oktober 2010 | 16:10 WIB

    KOMPAS.com – Berikut ini enam makanan super yang bisa membantu kita mengunci mulut kita dari kekhilafan...

  • Diagnosis Hepatitis Harus Segera
  • JAKARTA, KOMPAS.com – Hepatitis C adalah suatu penyakit infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Apabila tidak segera ditangani akan berkembang menjadi sirosis dan...

  • Anak HIV Tidak Perlu Sekolah Khusus
  • Icha Rastika | Glori K. Wadrianto | Minggu, 12 Desember 2010 | 21:03 WIB

    JAKARTA, KOMPAS.com -  Seorang anak yang dinyatakan positif HIV tidak memerlukan sekolah khusus....

  • Badan POM, Rajinlah Umumkan Kualitas Makanan
  • JAKARTA, KOMPAS.com — Mengakhiri polemik tuntutan mengumumkan merek susu dan makanan bayi yang terkontaminasi Enterobacter sakazakii harus diikuti dengan kedisiplinan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan...