Shalawat, Obat Hati yang Gelisah

April 22, 2011, Category: HIKMAH KEHIDUPAN · Leave a Comment

 

 Oleh: Saiful Mujab

Bagi orang yang beriman, musibah sudah menjadi bagian dari hidupnya. Bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa terpisahkan, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al Ankabut: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan: ” kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji
lagi?”

Hidup manusia ini sesungguhnya adalah ujian. Orang yang kaya dicoba dengan hartanya, apakah dia membelanjakan di jalan yang benar atau tidak. Yang berilmu diuji dengan ilmunya, apakah dia memanfaatkan ilmu yang telah Allah SWT anugrahkan kepadanya atau malah menyembunyikannya, bahkan Si miskin pun dicoba dengan kemiskinannya apakah dia sabar atau tidak. Maka tidak ada orang mu’min yang terlepas dari ujian Allah SWT.

Penyikapan manusia atas ujiannya adalah cara bagaimana Allah SWT mengetahui mana yang tetap pada jalan-Nya dan mana yang berbelok dari-Nya. Bagi orang yang tetap di jalan-Nya, hidupnya akan selalu diliputi dengan rasa nyaman dan hatinya selalu tentram, karena dia yakin, semua yang ditimpahkan kepadanya adalah yang terbaik baginya menurut Allah SWT. Dia selalu berbaik sangka (khusnudzon).

Sebaliknya orang yang selalu berburuk sangka. Hidup orang ini selalu diliputi rasa gelisah, kurang bersyukur, malah kadang sampai kufur. Nau’zubillah min dzalik.

Tidak mudah memang untuk selalu menerima keputusan yang telah Allah SWT tentukan untuk kita, kecuali orang-orang yang sudah benar-benar kuat imannya. Namun bukan berarti tidak mungkin. salah satu caranya dengan membiasakan diri membaca shalawat.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi SAW, “Barangsiapa yang mendapatkan kesulitan, maka perbanyaklah membaca shalawat untukku, karena sesungguhnya ia dapat mengatasi berbagai masalah dan menghilangkan kegelisahan”.

Dan ketika sudah membacanya berkali-kali, maka akan terasa sekali manfaatnya. Hati yang sebelumnya gundah gelisah, akan terasa tentram dan lapang. Wallahu ‘alam bish shawab.

View the original article here

Keyword ke mubarokonline.com:

obat hati indosiar (78),obat hati@indosiar com (43),obat kegelisahan hati (21)

Related posts:

  1. Mendambakan Ketenangan Hati
  2. 1 Dari 70.000 Yang Dijamin Masuk Surga Tanpa Hisab
  3. Katup Jantung Tanpa Operasi Bagi Yang Takut Dibedah

Related Posts

  • Menyeleksi Pertolongan
  • Oleh Ustadz Makmun Nawawi

    Menolong adalah perilaku yang baik dan luhur. Namun, seperti pisau yang bermata dua, perilaku menolong bisa menjadi amal kebajikan bagi pelakunya, bisa pula...

  • wpid-forum-ulama-sedang-berdiskusi-sementara-seorang-ulama-mengecek-telepon-selulernya-110410170840-888.jpgInilah Adab Bertelepon Menurut Islam (Bag 1)
  • Inilah Adab Bertelepon Menurut Islam (Bag 1) Forum ulama sedang berdiskusi, sementara seorang ulama mengecek telepon selulernya.

    REPUBLIKA.CO.ID, Teknologi komunikasi berkembang dengan begitu...

  • wpid-bekerja-adalah-bagian-dari-ibadah-ilustrasi-110325081531-217.jpgMengubah Nasib
  • Mengubah Nasib Bekerja adalah bagian dari ibadah. Ilustrasi

    Oleh EH Kartanegara*)

    Dalam beberapa pidato yang menggetarkan hati jutaan pendengarnya, Presiden Soekarno beberapa kali menyelipkan...

  • Sikap Pelit
  • REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ustaz Makmun Nawawi

    Sudah tiga kali putaran, ibu muda itu mengelilingi pasar desa tersebut, namun belum kelihatan jinjingan barang belanjaannya. Bukan tidak ada barang yang...

  • Hikmah Siang: Iblis dan Ibnu Ummi Maktum
  • Oleh Syahruddin El-Fikri

    Abdullah bin Ummi Maktum adalah salah seorang sahabat yang mulia. Dia menjadi salah satu sebab turunnya surah ‘Abasa. Suatu hari, Abdullah bin Ummi Maktum...